by

NasDem Bidik Dua Kursi DPR dari Sulawesi Utara Reporter: Antara

-Aktual-2,237 views

TEMPO.COJakarta – Enam kursi Dewan Perwakilan Rakyat dari daerah pemilihan Sulawesi Utara bakal diperebutkan oleh 75 kandidat dari 20 partai politik pada Pemilu 2019.  Partai NasDem membidik dua dari lima kursi tersebut.

“Pertama, meraih minimal dua anggota DPR RI. Kalau sekarang masih kosong,” kata Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Sulawesi Utara Partai NasDem Maxmilian Lomban dalam acara pembekalan calon anggota DPR, DPRD Partai NasDem se-Sulawesi Utara di Manado, Selasa 28 Agustus 2018. “Mudah-mudahan… tidak cuma satu, tetapi dua anggota DPR.”

Pada Pemilu 2014 lalu, Partai NasdDem sama sekali tidak meraih satu kursi pun. Raihan dukungan suara mereka 69,6 ribu-an, lebih sedikit dari Partai Hanura yang meraih 91 ribu suara yang juga tak meraih kursi.

Enam kursi DPR dari Sulawesi Utara pada Pemilu 2014 dipegang oleh PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai Gerindra, Partai Demokrat dan Partai Amanat Nasional. PDI Perjuangan yang meraih 449 ribu-an suara mendapat dua kursi. Empat partai lainnya tersebut masing-masing satu kursi.

Dua politikus PDI Perjuangan peraih suara terbanyak yang masuk DPR kala itu Olly Dondokambey dan Vanda Sarundajang. Olly Dondokambey yang meraih suara 230 ribuan, belakangan terjerat kasus korupsi. Ia digantikan Djenri Alting Keintjem, peraih suara terbanyak ketiga. Pada 2019, PDI Perjuangan kembali mengajukan enam calon, termasuk Vanda dan Djenri.  Nama lain yang dimasukkan sebagai bakal calon adalah Adriana Charlotte Dondokambey.

Partai Golkar yang meraih 217 ribu suara menempatkan Aditya Nugraha Moha sebagai anggota DPR. Belakangan, Aditya berhadapan dengan kasus penyuapan hakim. Ia kemudian digantikan oleh Jerry Sambuaga sebagai anggota DPR. Jerry pada 2019 kembali dicalonkan bersama lima kandidat lainnya oleh Partai Golkar.

(Sumber: Tempo.Com)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed