by

Komitmen Jokowi Terhadap Pemberantasan Korupsi Diapresiasi

Perhatian Presiden Joko Widodo terhadap upaya pemberantasan korupsi di Indonesia mendapatkan apresiasi dari sejumlah pihak.

Anggota Komisi III DPR RI Hillary Brigitta Lasut menilai, Jokowi telah melakukan berbagai gebrakan untuk memberantas korupsi yang masih saja marak di Indonesia.

Menurut Hillary, bentuk gebrakan Jokowi itu salah satunya adalah mengubah upaya pemberantasan korupsi yang dilakukan KPK melalui pencegahan. Padahal sebelumnya, KPK lebih banyak pada upaya penindakan.

“Yang jadi dasarnya upaya Presiden dalam pemberantasan korupsi adalah mengubah KPK menjadi lembaga yang berorientasi pada pencegahan terhadap tindakan korupsi,” kata Hillary saat dihubungi wartawan, Senin (16/12) sore.

Dengan begitu, kata Hillary, lembaga KPK tidak hanya menindak untuk memberikan efek jera pada koruptor, tapi juga membendung adanya upaya korupsi dengan upaya pencegahan.

“Memang kan sejak perubahan delik tipikor dari formil ke materil dari putusan MK 2016 kemarin kan pemerintah dan KPK tidak sembarangan kan karena kerugian harus ada actual lost dari penghitungan BPK. Artinya ini Pak Jokowi sudah lelah dengan tangkap tangkap tangkap tapi tidak menurunkan tingkat korupsi.

(Sumber:jpnn.com)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed